Islamic Widget

Monday, January 17, 2011

Negeri Sakit (KulTwit)

Ini rangkuman kultwit (kuliah Twitter - update status yg beruntun tentang suatu tema) #NegeriSakit hasil duet maut Salim A. Fillah dan Shofwan Al Banna. Kayaknya masih bersambung deh. Tapi sementara ini dulu ya... enjoy!

Salim A. Fillah
1. Tinggal di #NegeriSakit memang menyesakkan, menjerihkan. Tapi sakit negeri ini Ya Allah, kami mohon semoga bukan sakit sembarang sakit.

2. Kami syukuri #NegeriSakit ini dengan sangka baik padaMu; inilah hamil kepahlawanan yang memualkan, memberati punggung, menyulitkan gerak.

3. Ya, dalam hamil kepahlawanan, #NegeriSakit ini menampilkan semua penyakit lama yang pernah diderita. Gejalanya menyeruak menambah lara.

4. Izinkan kami jaga baiksangka pd #NegeriSakit ini, sebab sejarah ajarkan bahaya kemakmuran nan lena & lahirnya pahlawan di negeri bencana.

5. #NegeriSakit itu pernah dialami orang-orang terbaik, saat seorang 'alim tapi zhalim bernama Al Hajjaj ibn Yusuf menjadi pembesar berkuasa



6. Di #NegeriSakit itu, Al Hajjaj bertanggungjawab atas pembunuhan sekitar 120.000 orang yang kebanyakan adalah ‘ulama & orang-orang shalih.

7. Di #NegeriSakit itu, sahabat Nabi dibantai; ada 'Abdullah ibn Az Zubair, dkk. Ada jua 'Alim murid tersayang Ibn 'Abbas, Sa'id ibn Jubair.

8. Selain 120.000 orang yang dibunuh resmi, saat Al Hajjaj mati, penjaranya di 'Iraq menyisakan 80.000 wafat tanpa pengadilan. #NegeriSakit

9. Di #NegeriSakit itu, Makkah dibumihangus, Ka'bah dimeriam batu, jasad putra Asma' & cucu Abu Bakr disalib, kepalanya dikelilingkan negeri

10. Madinah dikepung 7 hari, tulis Ibn Katsir, lalu dijarah; 7000 asyraf turunan Nabi gugur, perkosaan hasilkan 1000 kehamilan

**@ikhfan: Madinah dijarah? Jwb: Ath Thabari, At Tarikh 4/372-379; Ibn Al Atsir, Al Kamil 3/310-313; Ibn Katsir, Al Bidayah 8/219-221, dan 372. RT

**@Priyayi_Bagus: alasan pembunuhan oleh Al Hajjaj? Jwb: Kadang dicap pemberontak, membangkang perintah, atau suka-suka Hajjaj;)

11. "Allah", rintih 'Umar ibn 'Abdil 'Aziz, "Al Hajjaj di 'Iraq, Khalid Al Qashri di Hijjaz, Walid di Syam, Qurrah di Mesir.."

12. "..Sepenuh bumi telah rata dikangkangi kezhaliman! Maka selamatkanlah ummat NabiMu ini, Ya Rabbi!"

13. "Andai ummat-ummat datang membawa semua durjananya masing-masing, lalu kita datang dengan Al Hajjaj seorang..", kata 'Umar,

14. "..Seluruh mereka itu dengan kejahatannya dijumlahkan jadi satu, takkan bisa mengalahkan kedurjanaan Al Hajjaj seorang!"

15. Tak hendak menambah panjang daftar kejahatan di #NegeriSakit saat itu, mari meloncat pada bagaimana ia melahirkan pahlawan menyejarah.

16. #NegeriSakit itu merasakan zaman kian sempit; sampai-sampai pemerintah mewajibkan caci-maki untuk 'Ali RA sebagai rukun khuthbah Jumat.

17. Tetapi darah 'Umar ibn Al Khaththab yang menyusup ke Bani 'Umayyah lewat kejujuran gadis penjual susu itu sedang gelisah.

18. 'Umar ibn 'Abdul 'Aziz nan keluarganya tersingkir di #NegeriSakit , dinikahkan dengan putri tersayang pamannya, 'Abdul Malik ibn Marwan.

19. Itu awal 'Umar berakrab hati & jadi penasehat ipar sekaligus sepupunya; salah satu putra mahkota #NegeriSakit; Sulaiman ibn 'Abdil Malik

20. Tapi nanti akan kita lihat jua peran para 'ulama #NegeriSakit yang peduli & tak tinggal diam lihat kondisi; pelopornya Raja' ibn Haiwah.

21. Di #NegeriSakit, penguasa yang susah diharap bertahta. Tapi harapan tetap hidup & konspirasi keshalihan berjalan; ulama-usahawan-rakyat.

22. Di #NegeriSakit, keadilan sembunyi, penguasa bermewah, ummat terhimpit lahir-batin. Tapi keluhan jarang tersiar, doa terus dipanjatkan.

23. Didukung 'ulama, Raja' ibn Haiwah dengan penuh integritas menjadi penghubung antara harapan keadilan dengan tahta #NegeriSakit yang abai

24. Dekat dengan 'Umar ibn 'Abdil 'Aziz, Sulaiman ibn 'Abdil Malik memerintah #NegeriSakit dengan sedikit lebih baik dibanding pendahulunya.

25. Dia lebih terbuka terhadap masukan. Raja' ibn Haiwah; tulus hati & tak berminat pd mewah dunia; menjadi penasehat tepercaya #NegeriSakit

26. Integritas Raja' ibn Haiwah yang meski dekat dengan penguasa tapi tak pernah mengambil manfaat pribadi membuatnya disegani.

27. Maka wahai orang-orang shalih #NegeriSakit Indonesia, berperanlah memperbaiki tanpa banyak umpat, dekatilah kekuasaan dengan kezuhudan.

28. Seperti Raja' ibn Haiwah, kita akan menemukan momentum tuk #NegeriSakit itu; satu hari Sulaiman ibn 'Abdil Malik sekarat setelah makan.

29. Tercatat oleh Ibn 'Abdil Hakam, Sulaiman nan gemuk sekarat setelah menyantap 2 rusa, 40 hati flamingo, 200 butir telur, dll #NegeriSakit

30. Dalam sekaratnya, Raja' ibn Haiwah mendampingi. Sulaiman gelisah sebab anak-anaknya masih terlalu kecil untuk gantikannya.

31. "Ringankanlah hisabmu di depan Allah", ujar Raja' sambil melantun kalimat Thayyibah di sisi Sulaiman, "Angkatlah 'Umar!"

32. "Kalau kuangkat ipar & sepupuku itu", ujar Sulaiman mendesah, "Adikku Hisyam & lainnya pasti berontak. Kaum muslimin kacau"

33. Raja' mendesah. "Kalau begitu terpaksa, tulislah nama adik-adikmu dalam wasiat resmi setelah nama 'Umar sebagai pengganti."

34. Tugas Raja' selanjutnya adl bersiasat agar 'Umar ibn 'Abdil 'Aziz mau terima jabatan Amirul Mukminin. Cerdik, dia berhasil.

35. Artikel lengkap "Menyalakan Lilin bersama Raja' ibn Haiwah" bisa dibaca di http://bit.ly/cGHJkq #NegeriSakit, agar kita cerah bergerak;)

36. Di #NegeriSakit yang gelap ini, mari belajar pada Raja' ibn Haiwah; bahwa kita yang harus hadirkan cahaya dengan konspirasi keshalihan.

37. Untuk lebih dalamkan pemahaman, ada juga kajian Salim: "Menyalakan Lentera Bersama Abu Yusuf" di sini http://bit.ly/eVxXRd

38. Baik Raja' ibn Haiwah maupun Abu Yusuf ialah intelektual nan sama-sama hidup di #NegeriSakit, saat kezhaliman membopeng wajah peradaban.

39. Konspirasi Keshalihan untuk #NegeriSakit ala Raja' ibn Haiwah hanya seumur pemerintahan sosok 'Umar ibn 'Abdul 'Aziz di Daulah 'Umayyah.

40. Sedang Abu Yusuf yang membangun gerakan, meletakkan dasar sistem peradilan bagi Daulah 'Abbasiyah yg juga terbangun sebagai #NegeriSakit

41. Mari belajar pada mereka untuk menjadi bagian solusi bagi #NegeriSakit Indonesia. Sila simak artikel Salim, link di KulTwit no 35 & 37:)

42. Demikian KulTwit #NegeriSakit. Mari mulai 'Konspirasi Keshalihan' sebagai bagian dari 'Kebangkitan nan Rendah Hati';) cc @ShofwanAlBanna

Shofwan Al Banna: mas @salimafillah, jika dperkenankan, saya ingin menyambung diskusi tentang #NegeriSakit. (43)

44. Dua jejak sejarah yg dikisahkan mas @salimafillah adl cerita ttg #NegeriSakit, tapi mungkin dg diagnosa penyakit yg berbeda.

44. #NegeriSakit pertama, yg kemudian memanggil Umar bin Abdul Aziz, adalah #NegeriSakit kategori 1: penguasa tiran yg berjarak dg rakyatnya.

45. #NegeriSakit 1 ini dalam kajian politik internasional sering dsebut rogue state, negara -maaf- bajingan.

46. Awal abad 20, #NegeriSakit jenis 1 ini menjangkiti Eropa, menyeretnya ke Perang Dunia. Kejam di dalam, brutal ke luar.

47. Pada pertengahan abad 20, #NegeriSakit jenis 1 ini ganti menjangkiti negara2 Asia Afrika yg baru saja merdeka. Penjajahan diganti kediktatoran

48. #NegeriSakit 1: negara kuat, penguasa keji, kontrol rakyat lemah, nilai2 runtuh.

49. Sebaliknya, ada #NegeriSakit jenis 2: institusi negara tinggal nama, penguasa lemah, tiada tatanan kecuali hukum rimba. Failed states.

50. "Negara gagal" menyeret rakyatnya dlm lingkaran kekerasan tak henti-henti, karena hukum tidak ada artinya. Pembangunan mustahil. #NegeriSakit

51. Jenis #NegeriSakit ke2 ini, jika derajatny lebih rendah barangkali digolongkan dlm weak state. Negara lemah.

52. Jenis 1 dan 2 jelas sakitny, tapi kategori #NegeriSakit 3,4,5 berikut ini sering tdk dsadari. Mungkin karena itu juga belum ada teorinya...:)

53. #NegeriSakit jenis 3: disconnected state. Negara dan rakyatnya jalan sendiri2. Ada tiadanya pemerintah tdk berpengaruh.

54. Penyakit ini jarang disadari, tp merenggut hakikat negara dg sangat efektif. Lain dg jenis 1&2, #NegeriSakit ke-3 ini justru lazim di negara maju.

55. Partisipasi dan kepedulian rendah. Kebanggaan minim. Kesenjangan tinggi krn tiada redistribusi kekayaan. Baru terasa #NegeriSakit saat krisis.

56. Gejala #NegeriSakit 3 ini misalny saat AS terkena badai Katrina (2005). Kesenjangan yg laten terlihat nyata.

58. #NegeriSakit ke4, penyakitnya agak berbeda. Kalau bagi manusia ada sakit fisik dan sakit jiwa, negara pun demikian. Defisit spiritualitas.

59.di #NegeriSakit jenis 4 ini: semua tampak baik2 saja. Politik stabil, ekonomi tumbuh. Anehny, tingkat bunuh diri tinggi. Indeks kebahagiaan rendah.

60. Awal #NegeriSakit 4 ini adalah trauma masa lalu terhadap agama. Religiusitas -lalu spiritualitas- kehilangan tempat seiring modernisasi.

61. Lenyapnya spiritualitas d #NegeriSakit 4 ini membuat pembangunan kehilangan jiwa. Ekonomi, politik, bahkan manusia menjadi mesin belaka.

62. #NegeriSakit jenis 1 & 2 sekarang lazim diidap negara berkembang, sementara 3 & 4 lazim di negara maju. Jenis ke 5 bisa dimana-mana.

63. #NegeriSakit jenis 5: institusinya ada, seakan2 bekerja, tapi sebenarnya tidak berdaya. Hukum hanya citra. Retorika bercerai dr fakta.

64. Di #NegeriSakit jenis 5, hukum pilih2 sasaran. Seperti antivirus komputer yg terinfeksi, cuma bekerja jika tidak bertentangan dg sang virus.

65. #NegeriSakit 5 ini adalah zombie state. Jasadnya ada, tapi fungsi2 utama dibajak oleh virus untuk kehidupannya.

66. namun, institusi2 ttp dipelihara, krn setiap virus butuh inang. karna itu, #NegeriSakit jenis 5 dari luar sulit dikenali.

67. Nah, setelah mengenali jenis2 #NegeriSakit, mari berdiskusi soal bagaimana menyembuhkannya.

68. Jika dtelisik, ada tiga dimensi pembeda antara #NegeriSakit dengan #NegeriSakti: sistem, budaya (termasuk values), dan aktor.

69. Tapi sebelum beranjak membedah ke 3 hal tersebut, mari mengingat 4 pilar #NegeriSakti dlm tradisi Islam.

70. Keempat pilar #NegeriSakti itu dlm tradisi Islam sbb:1.ilmu para cendikia, 2.keadilan para pemimpin, 3. kepedulian orang2 kaya,  4.doa orang miskin.

No comments:

Post a Comment

Post a Comment